Contoh Komunikasi - Komunikasi Verbal dan Nonverbal

Banyak sekali contoh komunikasi pada manusia, karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial. Sehingga interaksi antarsesama telah menjadi kebutuhan pokok manusia dalam hidup mereka. Berkomunikasi adalah sebuah bagian tak terpisahkan dari interaksi sosial ini. Lalu, apa itu komunikasi? Apakah ada contoh komunikasi? Jika ada apa saja contoh komunikasi itu?

Istilah komunikasi sendiri berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang berarti untuk berbagi, membagi keluar, berkomunikasi, menanamkan, menginformasikan, bergabung, bersatu, dan berpartisipasi dalam. Kita bisa melihat dari contoh komunikasi antarpribadi, ketika dua orang sedang terlibat proses komunikasi, mereka saling berbagi informasi. Demikian juga halnya dengan contoh komunikasi massa, penyampaian pesan atau informasi melalui media massa.

Jadi, dari asal katanya, diketahui bahwa komunikasi itu memerlukan pesan yang hendak dibagi, penyampai pesan dan objek pesan. Proses komunikasi yang terjadi pada semua contoh komunikasi terjadi melalui beberapa elemen komunikasi, yaitu sumber atau pemberi pesan, pesan, media, penerima pesan, serta efek dan umpan balik dari penerima pesan kepada pemberi pesan atau sumber. Semua elemen komunikasi tersebut ada dalam setiap contoh komunikasi. 

Contoh Komunikasi - Definisi Komunikasi Menurut Pakar Komunikasi

Komunikasi memiliki bentuknya masing-masing dilihat dari situasi komunikasi yang berlangsung. Pada dasarnya bila dilihat dari esensi komunikasi berupa penyampaian pesan, kita bisa melihat ada dua contoh komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Contoh komunikasi verbal adalah komunikasi yang dilakukan melalui kata-kata, sedangkan contoh komunikasi nonverbal adalah komunikasi yang dilakukan melalui bahasa tubuh.
Apakah contoh komunikasi verbal dan komunikasi non verbal hanya sebatas komunikasi melalui kata-kata dan bahasa tubuh saja? Kita akan melihat bagaimana contoh komunikasi verbal dan contoh komunikasi nonverbal, dengan terlebih dahulu melihat apa definisi dari komunikasi itu sendiri. Komunikasi bisa didefinisikan dari berbagai perspektif, sebagai berikut:
  • Perspektif Filsafat. Komunikasi dimaknai untuk mempersoalkan apakah hakikat komunikator atau komunikan, dan bagaimana ia menggunakan komunikasi untuk berhubungan dengan realitas lain di alam semesta (Rakhmat, 1997: 8). De Arte Rhetorica: siapa yang berbicara, apa yang dibicarakan, dan siapa yang mendengarkan.
  • Perspektif Psikologi. Hovland, Janis, dan Kelly (Rakhmat, 1997: 3) mendefinisikan komunikasi sebagai “the process by which an individual (the communicator) transmits stimulus (usually verbal) to modify the behavior of other individuals (the audience)”. Artinya, proses di mana seorang atau individu (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dengan lambang kata-kata) untuk mengubah tingkah laku orang lain (komunikan). Lalu, Dance (1967) mengartikan komunikasi dalam kerangka psikologi komunikasi behaviorisme sebagai usaha menimbulkan respon melalui lambang lambang verbal.
  • Perspektif Sosiologi. Colin Cherry (1964) mendefinisikan komunikasi sebagai usaha untuk membuat satuan sosial dari individu dengan menggunakan bahasa atau tanda.
Berdasarkan definisi komunikasi dari beberapa perspektif tersebut, kita bisa melihat definisi dari komunikasi. Dari definisi ini juga kita bisa melihat beberapa contoh komunikasi. Berikut beberapa definisi komunikasi dari beberapa ahli:
  • Komunikasi adalah suatu proses dimana kita mengerti orang lain dan kemudian berusaha untuk dimengerti oleh mereka. Ini dinamis, berubah secara konstan dan membagi respon untuk situasi yang total (Andersen).
  • Komunikasi adalah situasi-situasi yang memungkinkan sumber mentransmisikan suatu pesan kepada seorang penerima dengan disadari untuk memengaruhi perilaku penerima (Gerald R. Miller).
  • Komunikasi adalah suatu proses yang membuat sama bagi dua orang atau lebih apa yang tadinya merupakan monopoli seseorang atau sejumlah orang (Alex Gode).
  • Komunikasi adalah pertukaran verbal pikiran atau gagasan (John B. Hoben).
  • Komunikasi adalah proses penciptaan makna antara dua orang (komunikator I dan komunikator II) atau lebih (Tubbs dan Moss).
  • Komunikasi adalah transmisi informasi (Bernard Berelson dan Gary Steiner).
  • Harnack dan Fest (1964) menganggap komunikasi sebagai proses interaksi di antara orang untuk tujuan integrasi intrapersonal dan interpersonal.
  • Edwin Neumann (1948) mendefinisikan komunikasi sebagai proses untuk mengubah kelompok manusia menjadi berfungsi (Rakhmat, 1997: 8).

Contoh Komunikasi – Tipe Komunikasi

Secara garis besar contoh komunikasi berdasarkan bentuk komunikasinya di bagi menjadi dua, komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Bagaimana contoh komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal itu? Berikut bisa kita lihat bagaimana contoh komuikasi verbal dan komunikasi nonverbal:

Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal disampaikan dengan bahasa verbal. Contoh komunikasi bahasa verbal menggunakan kata-kata yang mewakili berbagai aspek realitas individu. Aspek realitas ini meliputi bahasa asal, kebiasaan, tingkat pengetahuan dan intelejensia sampai aspek budaya. Komunikasi verbal adalah jenis komunikasi yang sehari-hari dilakukan manusia.
Namun, walaupun terbiasa berkomunikasi secara verbal, ternyata komunikasi verbal mempunyai keterbatasan. Keterbatasan itu disebabkan bahasa verbal yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi memiliki keterbatasan pula.Keterbatasan pertama adalah keterbatasan bahasa itu sendiri.
Keterbatasan bahasa sebagai contoh komunikasi verbal ini di antaranya meliputi:

Keterbatasan Jumlah Kata yang Tersedia untuk Mewakili Objek

Soal warna misalnya, telah diketahui bahwa mata kita dapat membedakan tujuh juta warna yang berbeda. Seharusnya kita memiliki tujuh juta kata untuk menyatakan setiap warna ini dalam contoh komunikasi verbal. Pada kenyataannya, kita hanya memiliki puluhan kata saja untuk menyatakan warna.

Kata-Kata Bersifat Ambigu dan Kontekstual

Contoh komunikasi verbal kata keras misalnya, pada minuman keras, yang berarti minuman yang memabukkan sedangkan kata keras pada angin keras berarti kencang atau cepat.

Kata-Kata Mengandung Bias Budaya

Bahasa sangat terikat oleh konteks budaya. Contoh komunikasi sederhana, kata rice dalam bahasa Inggris bisa diterjemahkan menjadi tiga kata yang berlainan makna dalam bahasa Indonesia, yaitu gabah, beras dan nasi. Hal ini menunjukkan bahwa budaya Indonesia lebih menghargai benda ini sehingga memiliki kosakata yang lebih lengkap.

Pencampuradukan Antara Fakta, Penafsiran dan Penilaian

Hal ini sering terjadi misalnya contoh komunikasi pada media gosip. Mereka lebih banyak menyajikan penafsiran dan penilaian dibandingkan dengan menyajikan fakta apa adanya.  

Komunikasi Nonverbal

Komunikasi nonverbal secara sederhana bisa diartikan sebagai semua isyarat yang bukan kata-kata. Contoh komunikasi nonverbal meliputi:
  • Bahasa tubuh. Semua anggota tubuh seperti wajah, kepala, tangan, kaki dan bahkan seluruh tubuh bisa digunakan sebagai bahasa simbolik. Mengacungkan jempol contohnya, yang berarti "oke", "bagus", atau menyatakan persetujuan.
  • Sentuhan. Jabat tangan misalnya bisa berarti sebuah tanda bagi kesepakatan kedua belah pihak yang berkomunikasi.
  • Parabahasa. Parabahasa adalah aspek-aspek suara selain ucapan yang dapat dipahami. Contoh parabahasa misalnya, intensitas (volume) suara, intonasi, warna suara, siulan, siutan, tawa, tangis dll.
  • Penampilan fisik. Penampilan fisik bisa menjadi media penyampai pesan tak langsung. Ketika ke undangan pernikahan misalnya, kita akan berpakaian rapi sebagai rasa hormat kita pada pengundang.
  • Warna. Warna sering digunakan untuk menunjukkan emosi, cita rasa, keberpihakan politik bahkan keyakinan agama. Warna merah misalnya, sering digunakan sebagai simbol kemarahan dan protes.

Contoh Komunikasi Berdasarkan Bentuknya

Contoh komunikasi tidak hanya dilihat dari aspek tipe komunikasi, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Masih ada beberapa contoh komunikasi lainnya yang dilihat berdasakan bentuk komunikasi. Apa saja contoh komunikasi berdasarkan bentuk komunikasi itu? Berikut beberapa contoh komunikasi berdasarkan bentuk, di antaranya:
  • Komunikasi Antarpribadi. Komunikasi antarpribadi adalah relasi individual dengan orang lain dalam konteks sosialnya. Melalui proses ini individu menyesuaikan dirinya dengan orang lain lewat peraan yang disebut pemindahan dan penerimaan (Ruesch dan Bateson dalam Little John (1978).
  • Komunikasi Antarbudaya. Komunikasi antarbudaya meliputi komunikasi yang melibatkan peserta komunikasi yg mewakili pribadi, antarpribadi, dan kelompok, dengan tekanan pada perbedaan latar belakang kebudayaan yang mempengaruhi  perilaku komunikasi para peserta (Dood, 1991: 5).
  • Komunikasi Massa. Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang (Rakhmat, 1997: 148). Media massa menyajikan jenis khusus komunikasi yang melibatkan tiga perangkat kondisi khusus, yaitu khalayak, pengalaman komunikan dan komunikator.
  • Komunikasi Politik. Komunikasi politik itu adalah untuk menghubungkan pikiran politik yang hidup dalam masyarakat, baik pikiran intern golongan, instansi, asosiasi, atau pun sektor kehidupan politik pemerintahan (Rusadi dalam Harun, 2006: 3).
Permasalahan Komunikasi
     Secara umum permasalahan komunikasi digolongkan mencari dua bagian besar.  Berikut ini merupakan paparan permasalah komunikasi yang terjadi pada lingkungan masyarakat maupun lingkungan perusahaan :
  • Saluran komunikasi macet
     Saluran atau media komunikasi yang tak dibina dengan baik berdampak terjadi kemacetan komunikasi.  Saluran itu meliputi media seperti email, telpon, korespondensi  maupun komunikasi interaktif seperti meeting, sharing dan lain sebagainya.  Agar komunikasi lancar sebaiknya kedua saluran tersebut diaktifkan lagi. Semua ini demi kebaikan bersama dan menghindari miskomunikasi. 
  • Hambatan bahasa dan budaya
      Salah satu permasalah komunikasi adalah bahasa dan latar budaya yang berbeda.  Tidak mampu berkomunikasi dengan bahasa asing misalnya Inggris atau Perancis merupakan salah satu hambatan dalam penyampaian informasi.  Masalah ini sering terjadi di mana saja, termasuk di Indonesia. Demikian juga dengan budaya terkadang menghambat terjadikan pertukaran informasi.  Demikianlah sedikit ulasan tentang contoh komunikasi dan permasalahannya.
Share this article :
 

+ comments + 1 comments

October 20, 2012 at 7:54 PM

nah ini bru top artikel xiixix komen back yaw

Post a Comment

 
Support : Makrus Sahlan | Makrus twitter | Blog PMR
Copyright © 2011. Makrus Bindo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger